Diet Kehamilan Untuk Ibu yang Sehat

Diet Kehamilan Untuk Ibu yang Sehat

Wanita Hamil, Hamil, Kehamilan Wanita


Kehamilan, fase paling vital dalam kehidupan wanita, membuatnya melalui beberapa perubahan psikologis, emosional dan fisik. Dengan bayi yang berevolusi dalam tubuh Anda, tubuh Anda mulai menuntut lebih banyak dari asupan makanan rata-rata. Di sinilah diet kehamilan seimbang menjembatani kesenjangan untuk nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh Anda untuk kehamilan yang sehat.

Rencanakan Diet Anda dengan Bijak

Meskipun permintaan akan nutrisi meningkat selama kehamilan, tetapi selalu bijaksana untuk merencanakan dan memilih makanan dari berbagai kelompok makanan. Pastikan nutrisi Anda selama kehamilan memiliki makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk susu yang kaya akan kalsium, protein, Vitamin A, B dan C. Selain kombinasi makanan ini, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki nutrisi tertentu yang mengandung sangat penting untuk Anda dan pertumbuhan anak Anda selama tahap kehamilan Anda. Demi kemudahan, mari kita daftarkan nutrisi yang memainkan peran penting dalam diet kehamilan kita: -

Asam Folat Dalam Diet Kehamilan

Asam folat, lebih dikenal sebagai Folat, kaya akan vitamin B dan sebagian besar ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam, jus jeruk, dan kale (jenis Kubis). Folat mencegah anak Anda dari kelainan serius pada otak dan tulang belakang. Kekurangan asam folat menyebabkan pertumbuhan janin yang tidak memadai, otak yang kurang berkembang, penutupan medula spinalis yang tidak lengkap, persalinan prematur, dan berat lahir rendah.

Kalsium dalam diet kehamilan

Kalsium adalah nutrisi penting lainnya, yang harus menjadi bagian dari Diet kehamilan Anda. Kalsium digunakan oleh tubuh. Ketika tubuh wanita mulai kekurangan kalsium, tubuh itu sendiri mulai mengambil kalsium dari tulang yang dibutuhkan untuk bayi, sehingga membuat tulang lemah dan pada akhirnya cukup rapuh untuk patah (osteoporosis). Memiliki produk susu seperti susu bebas lemak, keju keras, sayuran berdaun hijau seperti kangkung, makanan yang diperkaya seperti jus jeruk dan sereal akan membantu Anda mengatasi kekurangan kalsium.

Zat Besi Dalam Kehamilan

Selama masa kehamilan Anda, kebutuhan akan asupan zat besi juga meningkat. Zat besi dalam darah kita membantu membawa oksigen ke sel-sel darah. Selama kehamilan wanita memiliki darah dalam volume berlebih, jadi kelebihan darah ini membutuhkan jumlah zat besi berlebih. Selama kehamilan bukan hanya sel-sel darah Anda tetapi sel-sel anak Anda yang sedang tumbuh membutuhkan oksigen, di sinilah lagi permintaan untuk jumlah oksigen dipenuhi oleh zat besi.

Kekurangan zat besi menyebabkan Anemia, yang dapat menyebabkan kelahiran prematur atau bayi dengan berat badan rendah, zat besi rendah yang berlebihan dapat membuat anak Anda anemia pada masa bayi. Kekurangan zat besi dapat diatasi dengan mengonsumsi daging merah, kerang, kacang-kacangan, kentang, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Kekhawatiran Pada Perencanaan Berat Kehamilan

Berat badan hamil selalu menjadi masalah bagi wanita selama kehamilan. Berat bervariasi dari wanita ke wanita dan dari kehamilan ke kehamilan, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Jika Anda kekurangan berat badan cobalah menambah sedikit berat badan karena perempuan yang kekurangan berat badan kebanyakan memiliki bayi dengan berat badan kurang. Dokter biasanya mencoba memastikan bahwa Anda menambah berat badan melalui diet kehamilan Anda. Jika tidak, lemak tubuh Anda digunakan untuk mendukung kehamilan.

Jika Anda kelebihan berat badan jelas tidak ingin menambah lebih banyak, tetapi menurunkan berat badan selama kehamilan bukanlah ide yang baik karena dapat memengaruhi anak Anda. Dengan demikian, wanita yang kelebihan berat badan harus berusaha untuk tidak mendapatkan apa pun lebih dari 15 pound selama kehamilan mereka.

Sebagai penutup, lakukan diet kehamilan yang seimbang dan disiplin untuk menjadi ibu yang bahagia dan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diet Kehamilan Untuk Ibu yang Sehat"

Posting Komentar